Iqro' Bismillahirrahmanirrahim

Rabu, 26 November 2008

Belajar Mencintai Alam

Alam adalah sumber kehidupan.Alam menempati posisi ke-2 setelah Allah SWT,yang merupakan titik terpenting dari kehidupan suatu makhluk.Itulah sebabnya mengapa kelestarian alam wajib dijaga.
Menjaga kelestarian alam tidak bisa asal-asalan,harus dilandasi dengan cinta.Sedangkan kekuatan cinta akan lebih kuat kalau di'backing'i dengan keikhlasan.
Bagaimana ya kalau alam tidak dijaga kelestariannya?Sangat mudah bukan,untuk menjawab pertanyaan ini,karena di tanah air kita banyak sekali contohnya.mulai dari banjir,longsor,kebakaran hutan,hingga semburan lumpur lapindo yang menimbulkan banyak korban dan kerugian.
Membicarakan kerusakan di negeri kita memang tiada habisnya,malah semakin membuat malu bangsa ini.Tetapi kerusakan alam tidak tepat dihadapi dengan rasa malu.Hadapilah dengan perbaikan!
Sebagai manusia,kita tidak boleh hanya memanfaaatkan alam tanpa adanya upaya menjaga kelestariannya.Jangan egois,pikirkanlah nasib anak cucu kita kelak!
Bukankah Allah telah menjadikan manusia dan alam ini suatu komunitas secara baik dan seimbang.Kita tidak boleh merusaknya.Biarlah semua ini berjalan sesuai kehendak Pencipta.Jangan merusak alam dengan seenaknya,karena kita makhluk biasa,bukan pencipta.
Alam dan manusia saling membutuhkan.Selama ini kita selalu diberi alam dengan kekayaannya.Tetapi mengapa jika alam membutuhkan tangan kita untuk menjaganya,kita tidak peduli?Akibatnya alam pun marah,sehingga terjadilah semua bencana yang kita alami saat ini.
Nah,sekarang kita sadar,bahawa kitalah yang menjadi penyebab bencana.Kalau kita bisa berbuat ,tidakkah bisa kita bertanggung jawab?

Tidak ada komentar: